Begini Cara Menjaga Pencernaan Anak untuk Meningkatkan Sistem Imunnya

Begini Cara Menjaga Pencernaan Anak untuk Meningkatkan Sistem Imunnya

Menjadi hak wajib bagi orang tua untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan anak. Pencernaan anak yang sehat akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya. Anak yang mengalami gangguan sistem pencernaan biasanya akan rewel. Begini cara menjaga pencernaan anak untuk meningkatkan sistem imunnya.

  1. Penuhi Kebutuhan Serat Anak

Serat merupakan salah satu nutrisi penting untuk menjaga kesehatan pencernaan anak. Ibu perlu memastikan kebutuhan serat anak memadai sesuai dengan usianya. Secara umum anak berusia 1-3 tahun membutuhkan sekitar 16 gram serat per hari sementara anak berusia 4-6 tahun membutuhkan serat sekitar 22 gram per hari.

Ibu dapat memenuhi kebutuhan serat anak dari makanan seperti apel, sereal, pir, kacang merah, wortel, dan yoghurt. Asupan berserat tinggi penting untuk dikonsumsi anak.

Kebutuhan serat yang tercukupi pada tubuh anak  bermanfaat untuk membantu proses metabolisme tubuh, diantaranya dengan cara menormalkan gerakan usus, membantu menjaga kesehatan usus, menjaga kualitas tinja dan mempermudah proses buang air besar, hingga mencegah ambeien pada anak.

  1. Pilih Susu yang Sesuai

Susu merupakan salah satu penolong ibu untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak. Dengan catatan ibu harus berhati-hati dalam memilih jenis susu. Susu yang mengandung minyak ikan dapat menjadi pilihan untuk masa pertumbuhan anak.

Kandungan nutrisi dalam minyak ikan berupa asam lemak omega-3 yang berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh. Adapun kandungan omega-6 dari minyak ikan juga dapat mendukung perkembangan mental dan pertumbuhan anak.

Selain mengandung minyak ikan disarankan untuk ibu memilih susu yang mengandung frukto-oligosakarida (FOS) dan galakto-oligosakarida (GOS). Keduanya merupakan prebiotik yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan saluran cerna anak.

Zat tersebut bekerja dengan cara memelihara bakteri baik yang hidup di usus. Jangan lupakan kandungan berbagai vitamin dan mineral dalam memilih jenis susu. Ini bermanfaat dalam menunjang kesehatan saluran cerna dan mendukung tumbuh kembang anak.

  1. Cukupi Asupan Nutrisi dan Asupan Cairan Anak

Cairan merupakan asupan penting yang perlu terpenuhi sesuai kebutuhan anak. Dalam proses kerja sistem pencernaan, air bermanfaat dalam memecah makanan, melarutkan mineral dan nutrisi dalam makanan, dan melembutkan tinja. Anak yang tercukupi kebutuhan cairannya dapat menurunkan risiko terserang konstipasi.

Selain tercukupi kebutuhan seratnya, ibu juga harus memastikan bahwa anak mengonsumsi makanan yang sehat. Sebaiknya hindari memberikan anak jenis makanan cepat saji, karena selain tidak mengandung cukup nutrisi bagi kebutuhan anak makanan cepat saji juga kurang terjamin kualitas kesehatannya.

Pencernaan anak yang sehat mampu memperkuat sistem imun tubuhnya. Sekitar 70% sel imunitas tubuh terletak pada saluran pencernaan. Anak yang memiliki sistem pencernaan yang sehat cenderung memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Itulah cara menjaga pencernaan anak untuk meningkatkan sistem imunnya. Coba lakukan cara-cara di atas untuk menjaga kesehatan sekaligus mendukung proses tumbuh kembangnya. Segera konsultasikan kepada dokter apabila anak Anda mengalami gangguan pencernaan.