Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir agar Tidak Mudah Mati

Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir agar Tidak Mudah Mati

Jangan Anda kira merawat anak kucing yang baru lahir itu mudah. Salah merawat saja bisa membuat anak kucing ini mati mengingat ia masih sangat kecil dan ketergantungan dengan induknya. Nah, bagi Anda yang punya anak kucing, di bawah ini akan dibahas tentang cara merawat anak kucing yang baru lahir agar tidak mati.

  1. Pastikan Anak Kucing Selalu dalam Keadaan Hangat

Anak kucing yang baru saja lahir memang terlahir dengan bulu, hanya saja bulunya masih sangat sedikit. Nah, dalam kondisi ini, anak kucing harus selalu dalam keadaan yang hangat. Oleh sebab itu jika ia masih memiliki induk, biasanya ranjang induk akan dipenuhi dengan kain agar anak-anaknya tetap hangat.

Jika anak kucing sampai kedinginan, ia bisa mati. Oleh sebab itu, cara merawat anak kucing yang baru lahir pertama adalah dengan memastikan bahwa ia selalu dalam keadaan hangat. Untuk menghangatkannya, Anda bisa menggunakan bekas kain yang sudah tidak terpakai. Tujuannya adalah untuk menjaga agar suhu tubuh anak kucing tetap dalam keadaan yang hangat.

  1. Beri Ia Susu Kucing Bukan Susu Lainnya

Anak kucing yang baru lahir tentunya membutuhkan susu agar dia bisa bertahan hidup. Apalagi jika anak kucing ini sudah tidak memiliki induk. Tahukah Anda, bahkan anak kucing tidak boleh diberi sembarang susu.

Misalnya seperti susu sapi atau bahkan susu kambing. Pasalnya, kedua jenis susu ini tidak sesuai dengan pencernaannya. Berikan ia susu kucing yang sesuai dengan anjuran dokter. Untuk mendapatkan susu ini, anda bisa dengan mudah menemukannya di petshop. Jangan lupa untuk mencari tahu jenis susu apa yang cocok untuk anak kucing sesuai dengan kebutuhannya.

Nah, proses pemberian susu pada anak kucing bisa Anda lakukan dengan menggunakan alat tetes mata atau botol khusus untuk anak kucing agar lebih mudah. Jangan paksakan agar kucing mau minum, pasalnya jika dipaksa bisa jadi susu masuk ke paru-paru dan mengakibatkan anak kucing mengalami pneumonia.

  1. Beri Stimulasi agar Anak Kucing Mau BAB

Anak kucing yang tidak memiliki induk juga harus di stimulasi agar mau BAB. Biasanya induk kucing akan menjilat bagian perutnya agar bayinya mau BAB. Nah, yang perlu Anda lakukan adalah menggosok perut dan anus kucing dengan menggunakan tisu secara lembut. Tujuannya adalah agar kotoran kucing bisa terbuang dengan sempurna.

  1. Selalu Jaga Kebersihannya

Jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan kucing. Kucing yang baru lahir tentunya tidak boleh dimandikan. Tugas Anda adalah membersihkannya misal pada bagian mata, telinga dengan menggunakan tisu basah.

Dengan melakukan cara merawat anak kucing yang baru lahir ini. Besar kemungkinan kucing Anda akan bertahan hidup dan selamat. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk berikan perawatan yang terbaik untuk kucing kesayangan Anda.