Ibu Perlu Tahu, Yuk Kenali Gejala dan Penyebab ISK Pada Bayi!

Ibu Perlu Tahu, Yuk Kenali Gejala dan Penyebab ISK Pada Bayi!

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa bayi berjenis kelamin perempuan rentan mengalami infeksi saluran kemih dibandingkan dengan bayi perempuan. Area vital yang tidak dibersihkan secara optimal menjadi penyebab utama. Pastikan Anda menggunakan popok Drypers yang rajin diganti setiap beberapa jam sekali demi mencegah masalah infeksi. Apabila bayi BAB, pastikan langsung mengganti popok tanpa menunggu waktu lebih lama.

Kenali gejala si kecil alami infeksi saluran kemih

Pada bayi yang masih berusia dini, mungkin banyak orangtua belum paham bahwa buah hati mengalami infeksi saluran kemih. Hal ini disebabkan oleh bayi belum bisa menyampaikan apa yang ia rasakan. Namun, orangtua yang jeli pasti tahu perubahan yang menyebabkan bayi rewel, jarang pipis atau menangis tiada henti. Berikut beberapa gejala yang bisa menunjukkan bayi alami ISK antara lain:

  1. Sering menangis kesakitan saat pipis
  2. Intensitas buang air kecil berkurang dan sedikit-sedikit saja
  3. Lebih rewel dan malas untuk bermain atau tertawa
  4. Air kencing si bayi terlihat berwarna keruh, berbau tidak sedap hingga berdarah
  5. Bayi terlihat lebih lemas atau lesu
  6. Nafsu makan si kecil menurun, mual dan muntah
  7. Mengalami demam.

Jika bayi mengalami penurunan berat badan disertai tanda yang sudah disebutkan, Anda wajib segera melakukan konsultasi dan penanganan lebih lanjut ke petugas medis terkait.

Penyebab bayi mengalami infeksi saluran kemih

Ternyata ada beberapa penyebab bayi mengalami infeksi saluran kemih yang harus Anda ketahui sejak dini.

  1. Kebiasaan buruk membasuh area intim dari posisi terbalik sehingga bakteri dari anus akan berpindah ke organ vital bayi.
  2. Kebersihan organ intim kurang terjaga atau Anda tidak mencuci tangan saat membuka atau mengganti popok.
  3. Penggunaan popok yang terlalu lama terisi air kencing atau feses hingga berdampak buruk pada infeksi saluran kemih bayi.

Demikianlah beberapa penyebab bayi mengalami infeksi saluran kemih, untuk itu sebaiknya Anda memperhatikan kebersihan dan kesehatan si kecil. Jangan lupa untuk menggunakan popok Drypers yang terbuat dari material bersih, aman dan nyaman digunakan. Ganti popok saat bayi sudah pipis terlalu sering atau buang feses sesegera mungkin, ya!

Bagaimana cara mengatasi ISK pada bayi?

Anda wajib membawa bayi ke petugas medis untuk melakukan pengobatan atau penanganan lebih lanjut. Biasanya dokter yang menangani kasus ISK bayi berusia kurang dari 6 bulan akan menyarankan rawat inap di klinik atau rumah sakit. Jika tidak dilakukan penanganan lebih serius, risiko kesehatan bayi yang alami ISK bisa lebih parah seperti demam tinggi, muntah, dehidrasi, penyebaran bakteri sudah mencapai ke darah, dan dampak buruk yang lebih parah.

Penting sekali berkonsultasi dan memeriksakan kesehatan bayi Anda setiap waktu, ya! Pastikan Anda selalu mengutamakan kebersihan dan kesehatan si kecil. Jangan lupa rutin mengganti popok Drypers si kecil agar kondisi area vital tetap kering, aman dan nyaman.