Industri Kreatif Indonesia: Kerajinan yang Mendunia

January 18, 2021 by No Comments

Industri kreatif Indonesia tidak lagi mengandalkan penggunaan tanah, tenaga kerja kasar, dan sumber daya alam. Industri ini lebih mengutamakan ide kreatif yang berkelanjutan untuk dapat bertahan di tengah persaingan ekonomi.

Industri di Indonesia yang bersumber sepenuhnya pada alam sudah mulai tergantikan dengan industri kreatif. Hal ini dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan peningkatan permintaan pasar akan produk industri kreatif.

Contoh Industri Kreatif di Indonesia

 

Di Indonesia, beberapa contoh industri kreatif yang mengandalkan ide kreatif SDM adalah:

  • 1. Industri musik
  • 2. Arsitektur
  • 3. Industri kuliner
  • 4. Penerbitan
  • 5. Kerajinan
  • 6. Film
  • 7. Seni Pertunjukan
  • 8. Fotografi
  • 9. Fashion
  • 10. Video
  • 11. Penelitian dan Pengembangan
  • 12. TV dan Radio
  • 13. Periklanan
  • 14. Layanan Komputer dan Perangkat Lunak

 

Banyak perusahaan di Indonesia yang bergerak dalam bisnis industri kreatif dan berkembang pesat. Ini membuktikan bahwa industri ini semakin meningkat dengan potensi pasar yang bagus.

Industri Kreatif Kerajinan

 

Bisnis industri kreatif kerajinan meliputi semua proses produksi dan distribusi dari produk yang dihasilkan. Kerajinan memerlukan desain khusus dengan pengerjaan produk berbahan dasar kayu, rotan, besi, bambu, kulit, dll.

Kerajinan dengan nilai seni yang tinggi dan kualitas bagus akan mampu mendapatkan nilai jual yang tinggi. Selain itu, pasarnya pun terbuka lebar baik yang di dalam negeri maupun yang di luar negeri. Saat ini, banyak sekali produk kerajinan Indonesia yang mendunia.

Kerajinan Indonesia Produk Ekspor

 

Beberapa produk kerajinan di bawah ini merupakan contoh dari industri kreatif Indonesia yang telah diekspor ke luar negeri:

1. Ukiran Kayu

Ukiran kayu di Indonesia memiliki ciri khas keindahan serta ketelitian pengerjaan, sehingga disukai oleh pasar luar negeri. Keunikan seni ukir kayu ini bisa dilihat dari tingkat kerumitan dalam pengerjaan, untuk membentuk motif dan desain yang diinginkan.

Dengan menonjolkan kekhasan kekayaan alam di Indonesia, motif, dan desain ukiran kayu yang diekspor, banyak mengambil unsur dari alam dan ini menjadi penarik minat pembeli dari luar negeri.

Kota Jepara di Indonesia dikenal memiliki ukiran yang indah dan produk-produk ukirannya sangat beragam. Hasil ukiran yang berbentuk patung, relief, hingga kaligrafi telah banyak diekspor ke luar negeri, bahkan hingga Eropa.

2. Anyaman Bambu

Anyaman bambu makin banyak digemari di pasar luar negeri karena merupakan produk yang eco-friendly. Selain itu, produk anyaman bambu dari Indonesia memiliki keunikan dalam hal bentuk dan desain.

Beberapa produk anyaman dari Indonesia yang telah diekspor ke luar negeri di antaranya adalah kursi, tempat nasi, tudung saji, kotak make up, lampu belajar, dll.

3. Keramik

Kerajinan keramik dari Indonesia banyak diekspor ke luar negeri karena memiliki corak yang khas dan berbeda dari negara lain. Beberapa produk keramik dari Indonesia dipadu-padankan dengan daun pandan (bahan pembuat tikar), sehingga memiliki desain yang unik.

Keunikan produk keramik Indonesia bahkan sudah diakui berbagai negara Eropa. Banyaknya keramik yang diekspor memiliki pengaruh besar ke peningkatan penghasilan pengrajin keramik di Indonesia.

4. Wayang

Wayang merupakan kebudayaan asli Indonesia yang telah diakui di seluruh dunia. Terbuat dari kayu, kulit, dan kain batik, wayang menjadi komoditi ekspor dari Indonesia dengan banyak peminat dari luar negeri.

Wayang biasa dijadikan oleh-oleh turis luar negeri karena merupakan ciri khas dari Indonesia. Wayang yang dijual ke luar negeri memiliki beragam jenis, mulai dari wayang golek, wayang beber, dan wayang purwa.

5. Kerajinan dari Kain Batik

Kerajinan kain batik ada yang menggunakan kain utuh dan ada juga yang menggunakan kain batik perca. Beberapa kreasi dari kain batik antara lain bed cover dan selimut. Banyak produk dari kain batik ini  yang telah tembus pasar ekspor Jerman.

Kerajinan dari batik yang diekspor ke luar negeri memiliki corak yang khas dari pengaturan kain batik yang zig zag, diatur lurus berdasarkan pola batik, dll. Kerajinan dari batik memiliki keindahan dan keunikan tersendiri yang disukai oleh pembeli luar negeri.

Selain kerajinan, masih banyak industri kreatif Indonesia yang diakui oleh dunia, di antaranya adalah kuliner dan fashion. Hal ini semakin memacu para pelaku industri di Indonesia untuk lebih kreatif menciptakan produk berkualitas, bernilai seni, dan memiliki daya saing.