Mengenal 4 Ciri-Ciri Cappuccino yang Enak

Mengenal 4 Ciri-Ciri Cappuccino yang Enak

Secangkir kopi hangat kerap jadi pilihan nikmat terlebih lagi pada pagi hari. Paduan kopi dan susu dalam segelas sangat pas dinikmati di pagi hari. Coba bayangkan, cita rasa dan aroma kopi nikmat berpadu dengan lembut gurih susu yang kental. Agar tak salah pilih, kenali 4 ciri-ciri Cappuccino yang enak berikut ini.

  1. Komposisi Racikan Memiliki Rasio yang Sama

Secara umum, secangkir kopi jenis ini  dibuat dengan dua bahan yakni kopi dan susu. Kopi yang enak dapat dihasilkan dari racikan yang tepat tentunya. Pada dasarnya dua bahan dasar tersebut tidak boleh saling mendominasi rasa, artinya antara susu dan kopi ditakar dengan komposisi yang seimbang.

Setiap orang memiliki selera hidangan kopi yang berbeda namun, jenis kopi cappuccino sebaiknya tidak dibuat terlalu manis. Anda dapat mengaduk semua bahan menjadi satu. Dengan komposisi lebih banyak susu atau foam di dalamnya dapat menghasilkan cita rasa yang seimbang antara manis dan pahit.

  1. Disajikan dengan Cangkir Kecil

Untuk merasakan kenikmatan maksimal kopi jenis ini disajikan dalam cangkir kecil. Idealnya ukuran cangkir tersebut berkisar antara 150-180 ml. Kopi khas Italia ini lebih nikmat disajikan dalam keadaan hangat.

Kelezatan kopi hangat mampu membantu membangkitkan mood serta membuat Anda menjadi Jika ditemui kopi jenis ini dengan cangkir berukuran lebih dari ukuran idealnya memungkinkan rasanya tak senikmat dengan ukuran cangkir yang kecil. Cangkir berukuran besar dapat merusak rasio susu dalam satu takaran. Dengan begitu cita rasanya pun akan berkurang.

  1. Memiliki Aroma yang Kuat

Selain cita rasa yang kuat kesegaran aroma kopi yang kuat juga dapat Anda jadikan sebagai indikasi kelezatan kopi. Kesegaran aroma kopi yang kuat menandakan bahwa biji kopi yang digunakan adalah biji kopi pilihan yang masih segar tentunya. Biji kopi yang masih segar mampu menghasilkan seduhan yang nikmat karena rasa dan aroma kopi akan keluar maksimal.

  1. Foam Basah

Untuk rasa yang lezat pada dasarnya penyajian kopi jenis ini harus menggunakan bahan dan teknik yang tepat. Susu yang digunakan haruslah susu yang terjaga kualitasnya dimana susu baru keluar dari lemari pendingin kemudian langsung dihangatkan dengan alat steamed. Proses pemanasan susu dalam pembuatan kopi khas Italia ini bisa menyeimbangkan rasa pahit pada kopi itu sendiri.

Kopi yang lezat ditandai dengan foam yang basah. Meskipun foam disini terkesan hanya sebagai topping namun, jangan salah tebak foam yang basah mampu meningkatkan cita rasa kopi.  Menurut para ahli foam yang bagus adalah yang tampak mengkilap dan basah. Sedangkan foam yang tampak kering dapat mengurangi kenikmatan secangkir kopi khas Italia ini.

Nah, itulah 4 ciri-ciri yang dapat Anda kenali, lihat dan rasakan untuk mendapatkan Cappuccino yang lezat. Kini banyak ditemui penyajian kopi semacam ini dengan berbagai seni. Jangan gelap mata meski terlihat estetik, latte art belum tentu membuat rasa minuman nya menjadi enak. Ketahui berbagai rekomendasi varian kopi lezat melalui dalcogasto.co.id