Rangsang Motorik Anak, Ini 7 Manfaat dari Senam Anak

Rangsang Motorik Anak, Ini 7 Manfaat dari Senam Anak

 Salah satu kemampuan yang harus dilatih sedari dini adalah kemampuan motorik. Dengan memberikan rangsangan pada fungsi motorik anak, maka pertumbuhannya bisa berjalan dengan optimal. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merangsang kemampuan motorik anak adalah dengan senam anak. Dengan rutin melakukan senam, 7 manfaat berikut akan bisa didapatkan oleh anak.

  1. Mengembangkan Kemampuan Motorik Anak

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, dengan melakukan senam, kemampuan motorik anak akan bisa berkembang dengan lancar. Komponen fisik dan komponen gerak yang dimiliki anak akan berkembang secara optimal. Dengan begini, anak akan tumbuh jadi anak yang sehat dan kuat, ditambah dengan daya ototnya yang juga ikut serta berkembang.

  1. Melatih Keseimbangan dan Koordinasi Tubuh Anak

Senam yang dilakukan anak akan melatih mereka untuk menyeimbangkan tubuhnya. Kemudian, senam juga akan melatih gerak refleks anak, sehingga mereka tak akan mudah jatuh begitu saja. Koordinasi tubuh anak pun menjadi terlatih dengan melakukan senam, terutama sekali koordinasi antar tungkai, baik pada kaki maupun tangan.

  1. Melatih Kelincahan dan Kelenturan Tubuh Anak

Gerakan-gerakan senam yang dilakukan oleh anak, akan melatih kelincahan dan juga kelenturan tubuh anak. Mereka tak akan merasa sakit, jika misalnya diminta untuk melakukan peregangan. Tubuh anak pun bakal terasa lebih ringan, serta tak terasa kaku. Dengan begini, anak pun bisa bergerak dengan aktif, dikarenakan tubuhnya yang terasa ringan.

  1. Melatih Konsentrasi dan Daya Ingat Anak

Seperti yang Anda ketahui, senam terdiri atas beberapa gerakan berbeda, yang saling berurutan satu dengan yang lainnya. Jika ingin senam berlangsung dengan sempurna, tentu setiap anggota senam harus mengingat setiap gerakan senam, beserta dengan urutannya. Nah, ini merupakan cara yang tepat untuk melatih konsentrasi dan daya ingat anak.

Walau sama sekali tak dipaksakan, senam yang dilakukan anak secara tak langsung akan mengasah daya ingat dan konsentrasinya. Terlatihnya daya ingat dan konsentrasi anak terlihat dari tepatnya gerakan senam yang ia lakukan dan sesuai dengan urutan yang seharusnya. Daya ingat dan konsentrasi yang telah terasah ini, akan sangat berguna saat anak mulai belajar kelak.

  1. Menghindarkan Anak dari Risiko Penyakit Jantung Saat Dewasa

Dengan membiasakan anak rutin melakukan senam sedari usia dini, maka bisa menurunkan risikonya terkena penyakit jantung kelak saat dewasa. Dengan melakukan senam, maka sistem sirkulasi dalam tubuhnya jadi lancar, begitu pun dengan metabolismenya. Jantung dan paru-paru anak pun bekerja dengan aktif dengan rutinnya ia melakukan senam.

  1. Meningkatkan Kekuatan Anak

Gerakan dalam senam yang dilakukan anak, akan memperkuat otot perut dan otot punggungnya. Jika otot perut dan otot punggungnya berada dalam kondisi prima, maka anak akan bisa bergerak aktif, baik itu sekadar berjalan, berlari, melompat, berguling, dan lainnya. Anak tak akan mudah merasa lelah, hanya karena sedikitnya aktivitas fisik yang ia lakukan.

  1. Mempererat Pergaulannya dengan Teman Sebaya

Saat melakukan senam, maka tentu saja anak tak beraktivitas sendirian saja. Ada teman-temannya yang lain yang ikut serta ambil bagian dalam senam tersebut. Senam akan mengajarkan anak untuk bisa berkolaborasi dengan temannya. Tanpa adanya sinergi satu dengan yang lainnya, tentu formasi senam yang bagus tak akan bisa diwujudkan.

Senam merupakan aktivitas fisik yang sangat direkomendasikan untuk dilakukan oleh anak Anda. Senam anak tak hanya akan melatih kemampuan motorik si kecil, namun juga bisa melatih konsentrasi dan daya ingatnya. Tulang dan otot anak akan terlatih, sehingga ia bisa aktif bergerak, bermain, dan bertualang bersama dengan teman-temannya.