Rutin Ganti Aki Mobil, Mesin Akan Terus Prima

Rutin Ganti Aki Mobil, Mesin Akan Terus Prima

Aki mobil merupakan salah satu bagian terpenting yang memiliki peranan besar pada mesin mobil. Tanpa aki, sistem kelistrikan yang ada pada mobil tidak akan mempu berfungsi sempurna. Sakin pentingnya, penggunaan aki mobil ini memiliki jangka waktu yang sangat perlu untuk terus anda pantau. Untuk memastikan bahwa aki mobil masih bisa berfungi.

Namun, bagaimana jika ani dalam kondisi yang semakin buruk dan bermasalah? Itu artinya anda perlu ganti aki mobil anda. Jika kondisi ini anda temui dirumah, maka anda masih bisa tenang sebab anda bisa melakukannya sendiri. Namun jika aki anda bermasalah saat anda melakukan perjalanan, ini yang akan sangat merepotkan bagi anda.

Mengganti aki mobil sebenarnya  bukalah perkara yang sulit, namun anda harus teliti jika melakukannya sendiri. Sebab jika anda salah pasang (posisi terbalik), maka aki tidak akan berfungsi. Bahkan bisa jadi sistem kelistrikan pada mobil anda akan mengalami kerusakan (konslet).

Cara Memasang Aki Mobil Yang Benar

Jika anda sudah terbiasa melakukan hal ini, tentu anda sudah tahu bagaimana cara-cara yang benar untuk memasang aki, namun jika anda sama sekali tidak mengetahui tentang permesinan mobil, ada baiknya anda menghubungi petugas ganti aki mobil panggilan. Lebih praktis dan tentunya pasti aki mobil anda akan terpasang dengan benar. Berikut ini beberapa cara untuk pasang aki mobil:

  • Mematikan mesin

Tidak mungkin dalam pemasangan aki mobil dilakukan pada saat mesin masih menyala. Sebab sistem kelistrikan masih berjalan, bisa jadi anda akan tersetrum jika mesin belum anda matikan. Jika mesin sudah mati, jangan terburu-buru untuk langsung memasang aki, tunggu sekitar 2 menit agar benar-benar dipastikan semua sistem kelistrikan dalam kondisi off.

  • Lepas kutub negatif aki

Proses selanjutnya saat ganti aki mobil adalah melepas kutub negatif terlebih dahulu. Sebab kutub ini bisa menimbulkan percikan api secara mendadak jika tidak dinetralkan dengan melepasnya terlebih dahulu. Baru setelah kutub negatif lepas, barulah kutub negatif juga dilepas. Anda harus teliti dan jangan sampai terbalik ketika melepasnya.

  • Lepas aki

Pastikan sudah tidak ada kabel maupun benda-benda yang tersangkut di aki yang akan anda lepas. Jika semua sudah aman, maka aki bisa anda lepas dan anda pindahkan dulu ke tempat yang aman.

  • Bersihkan tempat aki

Sebelum anda ganti aki mobil yang baru, ada baiknya anda bersihkan tempat aki yang sebelumnya ditempati aki lama. Sebab pasti ada banyak karat yang mungkin bisa menghambat aliran listrik aki. Maka anda harus bersihkan terlebih dahulu dan pastikan saat dipasang aki baru, kelistrikan pada mobil anda juga berjalan lancar.

  • Aki baru siap di pasang

Jangan sampai salah memilih aki, artinya ukuran aki yang baru dan yang lama haruslah sama. Selain itu dalam memasang aki yang baru, perhatikan kutub positif dan negatif. Di sini anda harus teliti dalam memasang dan jangan sampai terbalik. Setelah aki terpasang, sistem pada mobil akan segera menyesuaikan. Saat semua pada posisi dan fungsi yang stabil, anda bisa mencoba menyalakan mesin mobil anda.

Penggantian aki mobil dirumah mungkin bisa anda lakukan jika anda memiliki banyak waktu luang. Namun jika anda tidak sempat melakukannya sendiri, anda bisa meminta bantuan kepada jasa ganti aki mobil panggilan yang tentu selalu siap saat anda butuhkan.

Ini juga bisa anda lakukan jika anda dalam sebuah perjalanan, dan aki mobil anda bermasalah. Sebab mungkin saja anda tidak melakukan pengecekan dan persiapan sebelum melakukan sebuah perjalanan. Tentu akan sangat repot sekali jika hal tersebut sampai terjadi. Apalagi jika kondisi anda jauh dari bengkel.

Menggunakan jasa ganti aki mobil panggilan merupakan solusi dan pilihan yang praktis disaat anda sendiri tidak bisa mengganti aki mobil anda. Dan tentu penyedia jasa ini sudah ahli dalam mengganti aki mobil, sehingga anda tidak perlu khawatir mobil anda akan bermasalah. Selama anda juga rutin melakukan pengecekan terhadap aki mobil anda